Sabtu, September 19, 2009

7 Habbits of Highly Effective People (summary)

Leadership atau kepemimpinan ialah suatu sikap pribadi seseorang yang mampu menggunakan seluruh potensi dirinya untuk membangun kredibilitas berdasarkan prinsip-prinsip hidup yang ia pegang sehingga mampu menunjukkan karakternya sebagai seorang pemimpin. Ada banyak cara untuk mengembangkan sikap kepemimpinan, tetapi yang terutama dari semuanya itu ialah bagaiman kita mengubah sikap pribadi kita, salah satunya ialah dengan membentuk pribadi kita menjadi pribadi yang lebih efektif.
Kita harus belajar melatih kebiasaan kita, karena kebiasaan bisa membawa kita kearah kesuksesan atau kehancuran. Samuel Smiles menulis: pikiran => perbuatan => kebiasaan => karakter => takdir.
“Mula-mula, kita membentuk kebiasaan kita; lama-kelamaan, kebiasaan kitalah yang membentuk kita.”
Menurut Sean Covey dalam buku 7 Habit of Highly Effective People, ada 7 langkah atau kebiasaan yang bisa membantu manusia membangun sikap efektivitas, antara lain:
1. Jadilah Proaktif
Orang-orang proaktif sadar bahwa mereka tidak bisa mengendalikan segala sesuatu yang terjadi pada mereka, tetapi mereka bisa mengendalikan reaksi mereka terhadap segala sesuatu yang terjadi pada mereka.
Kita bisa melatih kebiasaan proaktif kita dengan jalan mengendalikan reaksi kita terhadap apa yang terjadi pada kita, bangkit mengatasi pelecehan yang pernah kita alami, mengubah kemunduran menjadi kemenangan, dan menjadi pelaku perubahan.
Dasar dari sikap proaktif adalah: Kitalah yang bertanggung jawab terhadap kebahagiaan atau ketidakbahagiaan kita sendiri. Kitalah yang duduk di kursi pengemudi menuju takdir kita, bukan sebagai penumpang.
2. Fokus Pada Tujuan Akhir
Visi amat penting dalam hidup kita. Sekali lagi karena kitalah pengemudi atas hidup dan takdir kita. Jika kita tidak focus dan memutuskan masa depan kita sendiri, orang lain yang akan memutuskannya untuk kita.
3. Dahulukan Yang Utama
Mempunyai time management yang baik akan membantu kita menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efektif dan akhirnya akan membuat kita menjadi pribadi yang efektif pula.
4. Berpikir Menang/Menang
Berpikir Menang/Menang adalah cara berpikir yang mengatakan bahwa saya bisa menang, kamupun bisa menang. Bukannya saya atau kamu, melainkan bersama-sama. Keuntungan paling mengejutkan dari berpikir Menang/Menang adalah persaan senang tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi akan menulari orang-orang disekitarmu.
5. Berusahalah Untuk Memahami Terlebih Dahulu Baru Dipahami
Ini merupakan kunci dari komunikasi karena kebutuhan paling mendalam dari manusia adalah dipahami. Kita bisa menjadi seorang pendengar yang baik dengan cara mendengarkan dengan mata hati dan telinga, menyelami perasaan lawan bicara kita, mencoba berpikir seperti cermin, dan memberi respon dengan cara yang tepat.
6. Wujudkan Sinergi
Sinergi ialah memanfaatkan seluruh potensi yang ada dalam diri kita untuk mencapai tujuan. Sinergi tidak terjadi begitu saja tetapi lebih merupakan sebuah proses.
7. Asahlah Gergajimu
Kebiasaan ini ialah tentang menjaga ketajaman diri agar bisa menangani hidup dengan lebih baik. Artinya secara berkala memperbaharui dan menguatkan keempat dimensi kehidupan kunci kita (tubuh, oytak, hati, jiwa).

“Kita tidak akan mungkin meninggalkan jejak kaki kita di pasir waktu dengan hanya duduk. Jadi, bangkitlah dan lakukan perubahan, karena perubahan bukanlah perubahan sampai terjadi perubahan”.

Sumber: 7 Habits Of Highly Effective People – Sean Covey

Tidak ada komentar:

Posting Komentar